Nilai-Nilai

Teamwork Power Successful business Meeting Workplace Concept

PDAM Kabupaten Tabalong memerlukan nilai-nilai yang disepakati bersama yang dapat menjiwai atau menyemangati dalam menunaikan kegiatan sehari-hari. Nilai perusahaan merupakan batasan-batasan mengenai baik dan buruk, benar dan salah serta keyakinan bersama akan sesuatu yang dianggap baik untuk perusahaan.
Nilai perusahaan merupakan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh setiap pegawai dan dijadikan sebagai panduan dalam memilih berbagai alternatif yang diperlukan untuk menuju masa depan. Dengan demikian, nilai dasar harus memberikan batasan terhadap langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam mewujudkan visi organisasi karena tidak semua langkah atau cara dapat diterima oleh sistem nilai yang dianut oleh perusahaan. Dengan diterapkannya nilai-nilai perusahaan oleh semua pihak sebagai panduan dalam bertindak, diharapkan citra perusahaan akan semakin baik. PDAM Kabupaten Tabalong mempunyai nilai-nilai perusahaan “AKU PRIMA”. “AKU PRIMA” merupakan akronim dari 7 (tujuh) kata yang merupakan nilai luhur dan dijunjung tinggi oleh setiap pegawai. Ketujuh suku kata terebut adalah sebagai berikut:
a. Akuntabilitas
Akuntabilitas dapat diartikan sebagai kewajiban-kewajiban untuk dapat menjawab hal-hal yang berkaitan dengan pertanggungjawaban atas mandat yang diberikannya. PDAM baik secara individu maupun kelembagaan bertekad untuk mempertanggungjawabkan seluruh mandat yang diterima untuk mengelola perusahaan dalam penyediaan air minum bagi masyarakat Tabalong.
b. KUalitas
Kualitas adalah mutu yang berkaitan dengan derajat baik atau buruk. Dalam hal pelayanan, maka kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaiannya dalam mengimbangi harapan pelanggan. PDAM Tabalong dengan dukungan seluruh pegawai hendak memberikan produk/jasa yang berkualitas tinggi, berkuantitas cukup dan menjaga kontinuitas dalam pemenuhannya.
c. Peduli
Peduli bermakna responsif atau memperhatikan. Sikap ini menjadi jiwa/roh dalam pelayanan PDAM. Seluruh insan PDAM Tabalong diwajibkan memiliki sikap peduli dan tanggap kepada kebutuhan pelanggan dengan semangat cepat dan cermat.
d. Rahman
Rahman adalah sifat yang bermakna mengasihi atau memberi. PDAM PDAM Tabalong dengan seluruh insan pendukungnya dalam memberikan pelayanan mengusung sifat yang berbelas kasih dan tanpa pamrih.
e. Ikhlas
Dengan nilai ikhlas PDAM Tabalong dan insan pendukungnya menunaikan tugas dan fungsinya tanpa memperhitungkan balas jasa. Jika ikhlas melayani maka berkah Allah akan datang tiada henti.
f. Mandiri
Setiap Insan PDAM Tabalong harus dapat bekerja secara mandiri tanpa harus bergantung kepada pihak lain. Hal ini tentu tidak bermaksud meninggalkan kebersamaan. Mandiri lebih mengarah pada kemampuan diri untuk menjaga profesi sehingga dapat bekerja dengan kualitas tinggi. PDAM Tabalong, sebagai badan usaha harus lebih mandiri dalam membiayai perusahaan, dan secara perlahan mengurangi ketergantungan kepada uluran tangan pihak lain.
g. Amanah
Sikap amanah menuntun PDAM dengan seluruh insan pendukungnya untuk memegang mandat yang diterimanya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memperhatikan kode etik dan menjalankannya sesuai rencana yang telah ditetapkan.